Kamis, 12 Januari 2012

Hubungan Masyarakat Kota dan Masyarakat Desa


         Masyarakat adalah salah satu unsure terpenting yang harus dimiliki sebuah Negara. Masyarakat di bedakan menjadi 2 yaitu, masyarakat kota dan masyarakat desa. Kedua golongan masyarakat tersebut mempunyai karakternya tersendiri.



  • ·         Masyarakat kota

Masyarakat kota adalah masyarakat yang tingga di daerah dekat dengan pusat pemerintahan. Berikit karakteristiknya ;

1.       Individual

Masyarakat kota lebih cenderung individual. Mereka cenderung memikirkan dirinya sendiri dan enggan mencampuri urusan orang lain. Pergaulan pun terbatas dan hanya pada kelompoknya masing-masing saja.
      2.       Heterogen

Semua berkumpul menjadi satu kota dengan tujuan yang beragam, bekerja, kuliah, dan lain-lain. Keragaman inilah yang membuat masyarakat kota menarik.
      3.       Daya Saing Tinggi

Biasanya, orang-orang melakukan urbanisasi atau perpindahan penduduk dari desa ke kota untuk meningkatkan taraf hidup.
      4.       Profesi Beragam

Begitu banyak profesi yang bergelut di perkotaan. Contohnya PNS, Arsitek, Penulis, Motivator, dan lain-lain. Di kota semua dapat di jadikan profesi.
      5.       Open Mined

Masyarakat kota terkenal dengan sifat mereka yang selalu terbuka dan menerima perubahan akibat globalisasi. Mereka juga aktif maka dari itulah kota mengalami kemajuan yang signifikan.

  • ·         Masyarakat desa


Masyarakat desa memiliki karakteristik yang berkebalikan dengan masyarkata kota yaitu,

1.       Gotong Royong

Di desa kita akan menemukan masyarakat yang masih erat hubungan kekeluargaannya. Mereka masih suka gotong royong dan saling membantu.

2.       Homogen

Masyarakat desa biasanya terdiri dari satu atau dua suku. Dan biasanya mereka masih ada hubungan persaudaraan.

3.       Daya saing yang rendah

Karena sifat kekeluargaan tersebut tidak ada keinginan bagi masyarakat desa untuk bersaing. Mereka sangan menjungjung tinggi relasi atau hubungan dan menurut mereka persaingan yang ketat dapat merusak hubungan kekeluargaan.

4.       Profesi sedikit dan sejenis

Profesi di desa tidak sebanyak di kota. Bila desa terletak di daerah pegunungan, biasanya semua penduduknya sebagian besar berprofesi sebagai petani.
Sedangkan di dataran rendah bisa di pastikan sebagian besar sebagai nelayan.



Walau berbeda satu sama lain, namun masyarakat kota dan masyarakat desa saling berkegantungan satu sama lain. Karena, betapa kecilnya desa, pasti ada pengaruh dari kota pula seperti pemerintahan terpusat. Dan masyarakat kota tidak dapat lepas dari masyarakat desa seperti masyarakat kota yang menggantungkan mata pencarian masyarakat desa (nelayan,petani) untuk kehidupannya.