Rabu, 11 Januari 2012

Perkembangan IPTEK saat ini






• proses yang meningkatkan nilai tambah
• produk yang digunakan dan dihasilkan untuk memudahkan dan meningkatka kinerja
• Struktur atau sistem di mana proses dan produk itu dikembamngkan dan digunakan

Kehadiran ilmu pengetahuan modern telah melahirkan berbagai macam alat-alat teknologi. Di Indonesia, ilmu pengetahuan dan teknologi yang dapat di singkat “IPTEK” terus berkembang seiring dengan zaman. Salah satunya adalah teknologi komunikasi dan informasi. Tidak dapat di pungkiri teknologi komunikasi dan informasi semakin canggih, menghapus batas Negara dan budaya. Teknologi ini bagaikan pisau bermata dua. Aksesnya yang begitu besar dan cepat mampu menyediakan beragam macam informasi. Contohnya adalah android.





Android saat ini menjadi trend center masyrakat dunia. Android adalah OS smart phone berbasis linux. Andorid menyediakan platform terbuka bagi para pengembang untuk menciptakan aplikasi buatan mereka sendiri. Saat ini sudah banyak fitur yang dapat terhubung dengan OS ini. Hampir semua perusahaan smart phone berlomba-lomba merebutkan pasaran smart phone khususnya di Indonesia.

atau mungkin yang saat ini sedang maraknya di indonesia adalah mobil buatan anak bangsa, mobil esemka.
mobil ini  diketahui dari beberapa info bahwa 80% material mobil esemka tersebut sudah kandungan lokal. Walaupun hanya di beri waktu 3 bulan bukan saja 50 siswa yang terlibat dalam proyek ini, sanggup mengerjakan semuanya dengan rapih. 



Dampak positif IPTEK
  • ·         Memberikan Kemudahan

Dengan mengungunakan teknologi saat ini, banyak kemudahan yang di peroleh. Setiap orang dapat mengetahui kabar apa saja di dunia dan mendapatkan informasi dengan cepat akibat akses internet yang mendunia. Di bidang agama islam pun saat ini terdapat Al Quran Online yang dapet di akses dengan mudahnya dan komplit.
  • ·         Media komunikasi

Dengan kemajuan IPTEK saat ini, komunikasi semakin mudah. Dengan beberapa adanya layanan penunjang di dunia maya seperti yahoo atau skype semua orang mancanegara dapat berkomunikasi dengan mudah.  Contohnya saja, di bumi bagian barat dapat berkomunikas face to face (namun tidak langsung) dengan menggunakan layanan video call.
  • ·         Mudah dalam bertransaksi perdagangan

Saat ini banyak sekali shop online di dunia maya. Dengan mudah para pembeli dapat membeli barang yang di inginkan tanpa harus datang langsung ke tempat yang dituju bahkan dapat membeli langsung ke Negara yang berkaitan. Dengan begitu akan semakin sedikit biaya yang di keluarkan.

Dampak negative IPTEK
  • ·         Hilangnya kebiasaan tradisional

Dengan perkembangan zaman yang semakin majunya teknologi, kebudayaan tradisional semakin lama semakin menurun. Hal ini terjadi di karenakan manusia yang saat ini lebih senang dan lebih di manjakan dengan alat-alat elektronik. Contohnya, dahulu orang yang membuat sambal dengan mengulek saja namun saat ini ada alat yang namanya blender yang membuat cabai-cabai itu teriris dan tertumbuk dengan halus karena mata pisaunya yang tajam tanpa harus mengeuarkan energy yang cukup banyak.
  • ·         Penipuan

Hal ini memang tidak luput di bidang apa pun. Melalui sms yang sedang marak marak nya meminta pulsa pada penguna provider tertentu. Itu salah satu yang banyak terjadi di kalangan masyarakat. Atau kejahatan yang sering terjadi pula adalah carding. Pembelanjaan dengan menggunakan kartu kredit sangatlah banyak di dunia internet. Dengan sifat yang terbuka, para penjahat mampu mendeteksi adanya transaksi online dan mencatat kode kartu si pengguna.
  • ·         Kerusakan lingkungan dan moral

Tidak di pungkiri lagi, telah nyata secara actual kerusaka moral yang terjadi akibat akses-akses pornografi yang tersebar di dunia maya. Dan pula kerusakan lingkungan yang contohnya baterai smart phone yang dapat membahayakan lingkungan



Setiap inovasi diciptakan untuk memberikan manfaat bagi kehidupan manusia.
Namun segala bentuk dari inovasi tersebut pasti berdampak positif dan negative. Semua kembali lagi Tergantung pemakai yang bijak.




sumber : www.google.com