Selasa, 06 Januari 2015

Kain Tenun, Kebanggan Indonesia


Tenun ikat atau kain ikat adalah kriya tenun Indonesia berupa kain yang ditenun dari helaian benang pakan atau benang lungsin yang sebelumnya diikat dan dicelupkan ke dalam zat pewarna alami. Alat tenun yang dipakai adalah alat tenun bukan mesin. Kain ikat dapat dijahit untuk dijadikan pakaian dan perlengkapan busana, kain pelapis mebel, atau penghias interior rumah.
Sebelum ditenun, helai-helai benang dibungkus (diikat) dengan tali plastik sesuai dengan corak atau pola hias yang diingini. Ketika dicelup, bagian benang yang diikat dengan tali plastik tidak akan terwarnai. Tenun ikat ganda dibuat dari menenun benang pakan dan benang lungsin yang keduanya sudah diberi motif melalui teknik pengikatan sebelum dicelup ke dalam pewarna.


Teknik tenun ikat terdapat di berbagai daerah di Indonesia. Daerah-daerah di Indonesia yang terkenal dengan kain ikat di antaranya: Toraja, Sintang, Jepara, Bali, Lombok, Sumbawa, Sumba, Flores, dan Timor. Kain gringsing dari Tenganan, Karangasem, Bali adalah satu-satunya kain di Indonesia yang dibuat dari teknik tenun ikat ganda (dobel ikat).
Kain ikat dapat dibedakan dari kain songket berdasarkan jenis benang. Songket umumnya memakai benang emas atau perak. Motif kain songket hanya terlihat pada salah satu sisi kain, sedangkan motif kain ikat terlihat pada kedua sisi kain.


Saat ini kain tenun banyak digunakan designer terkenal di indonesia sebagai kain khas dalam pembuatan baju-baju mereka. Designer terkenal Dian Pelangi misalnya. Dia memanfaatkan kain tenun untuk model baju-baju muslim masa kini dan modis. Dengan tangan kreatifitasnya dan ide-ide yang menarik dan unik membuat kain tenun di sulap elegan berbusana muslim yang apik di buatnya.





Dengan ide-ide seperti ini, anak bangsa indoensia dapat mengembangkann ide-ide kreatifnya dalam bidang fashion. Modis, elegan dan tetap menutup aurat, inilah salha satu misi dari designer muda ini. Dari sini kita bisa mengambil pandangan, semua kain khas indoensia dapat dibuat semakin terlihat menarik dan bisa masuk ke berbagai kalangan di dunia. 

Refrensi :
http://id.wikipedia.org/wiki/Tenun_ikat