Minggu, 31 Maret 2013

Kebutuhan OS (Operasi Sistem) dalam Kehidupan


Seperti kita tau, system operasi adalah perangkat lunak yang memiliki fungsi sebagai penghubung antara user denga hardware. Dengan adanya operasi system ini, pengguna dapat leluasa menggunakan aplikasi-aplikasi yang sesuai dengan platform OS. Sehingga, pemilihan OS yang cocok untuk kebutuhan perlu di perhatikan.

Sesuai kebutuhan, saya sebagai seorang mahasiswi jurusan system informasi, Saya memakai OS windows Xp dan windows 7 karena saya lebih sering menjadi seorang user. System operasi windows menurut saya yang paling mudah, nyama, namun dapat bekerja dengan cepat, ringan, tidak repot, sedikit mengklik, simple dan tidak rumit untuk di gunakan saat ini (friendly) . Windows juga compatible terhadap 2 perusahaan terbedar, AMD dan intel.


Selain itu banyak program atau aplikasi lain yang support atau compatible OS windows juga mudah di temukan. Tampilannya yang simple dan elegan juga menjadi daya tarik tersendiri. Bahasa settingan OS (Cpanel) juga mudah di mengerti sehingga dapat mensetting secara manual tanpa ada rasa riskan. Windows pun dapat dibuat dual atau multi boot dengan OS lain ataupun dengan windows sejenis yang berbeda. Dan jarang sekali terjadi crash. Untuk pengisntalannya pun mudah dilakukan sehingga orang awam pun bisa melakukannya (yang terpenting melakukan prosesnya secara teliti dan hati-hati).

Untuk security, walaupun sitem keamanannya kurang terjamin namun juga sudah banyak antivirus yang dikembangkan untuk OS ini seperti Kaspersky atau bitdefender . Untuk kerusakan system OS karena terkena virus dan sebagainya, sudah banyak komunitas (forum internasional) yang membahasnya. Mau dari official ataupun unofficial.

Untuk windows 7 yang lebih sering saya gunakan saat ini mempunyai cara friendly nya yang cukup membantu saya sebagai penggunanya. Contohnya kecilnya seperti, ingin mencari aplikasi atau file tidaklah sulit. Karena pada menu start pada windows 7 terdapat kotak search untuk mencari file dengan mudah tanpa harus mencari ke my document dan lain sebagainya.

Atau ketika melihat seluruh jendela dengan mudah pada saat banyak jendela terbuka, kadang kita bingung nama atau isinya. Windows 7 membantu anda menengoknya dengan mudah dengan hanya mengintip dari taskbar. Itulah salah satu kelebihan dari windows 7 yang mempermudah user-nya untuk memakainya.

Dan untuk windows Xp yang saya gunakan itu karena sering sekali banyak aplikasi yang support. Terutama untuk aplikasi program seperti COBOL dan lain sebagainya. Driver untuk beberapa perangkatpun lebih support ke windows XP ini.