Minggu, 11 November 2012

Perawatan Baterai Smartphone

Baterai HP adalah hal penting dalam penggunaan HP. Dimana sumber listrik berada di dalamnya. Namun kadang, baterai bagaikan roller coshter yang jika pemakaian seperti “orang autis” , baterai akan turun dengan drastic. Apa lagi saat ini smartphone sudah menggunakan jaringan internet yang 24 jam. Dengan begitu pastilah kita sebagai pengguna sangatlah kerepotan jika baterai sudah tiba-tiba “minta” di isi. Berikut adalah cara perawatan baterai yang cukup efektif untuk saya sebagai orang yang tidak bisa jauh dari smartphone :D



Pengecasan / Pengisian Pertama
Ketika membeli ponsel baru, saat itulah usia baterai dimulai. Agar baterai kita tetap berumur panjang, ada baiknya kita memperhatikan proses pengisian pertama. Sebab, ketika pertama kali mengisi baterai saat itu juga kita sedang mengaktifkan sel dalam baterai agar berfungsi maskimal.

Perhatikan lama pengechasan
Rata-rata waktu pengisian baterai yang ideal adalah sekitar dua jam (untuk baterai standart) , Namun terkadang karena malas menunggu, tak jarang pemilik hp meninggalkan hp yang sedang diisi baterainya sehingga pengisian baterai melampaui batas yang seharusnya.
jika baterai terlalu lama diisi bisa menyebabkan komponen pada baterai menjadi rusak, sehingga baterai menjadi tidak maksimal. Dan juga bila sering mengechas dalam keadaan tidak sampai penuh, itu juga bisa membuat baterai menjadi bocor sehingga akan cepat habis.

Mengecharge didalam mobil
Bagi yang suka pergi kemana-mana dengan mobil, charger mobil tentu sangat berguna. Namun, voltasi pada mobil biasanya tidak stabil. Hal ini juga bisa mengakibatkan terjadinya kerusakan pada baterai hp.

Menggunakan hp ketika sedang diisi
Kita mungkin termasuk orang yang suka menggunakan hp ketika sedang diisi baterainya. Entah karena kebiasaan. Ini juga dapat merusak komponen molekul dalam baterai. Sebab, ketika hp menyala lalu digunakan, akan terjadi arus keluar dan masuk di dalam baterai, Oleh sebab itu alangkah baiknya mengisi baterai dalam keadaan hp mati, kecuali jika ada keperluan yang sangat mendesak.

Baterai Kosong Segera Diisi
Bila kita mengetahui indikasi bahwa baterai sudah habis alangkah lebih baik bila segera di isi, karena membiarkan sampai hp mati menyebabkan baterai kehilangan daya 100% yang menyebabkan kesulitan dalam pengisian ulang dan dikhawatirkan tidak dapat di isi lagi bahkan bisa sampai di format ulang.

Menggunakan charger portable
Perangkat ini sangatlah efektif untuk kita yang sering berpergian lalu tiba tiba baterai mau habis. Dengan menggunakan charger ini, kita bisa langsung mengechas. Namun, jika mengechas nya tidak sampai penuh itu juga bisa merusak komponen di hp.


Sumber :  http://kompiancur.blogspot.com/2012/09/cerita-perawaatan-baterai-handphone.html