Senin, 28 Januari 2013

web browser

BAB I
PENDAHULUAN


Latar Belakang
Internet saat ini sudah menjadi bagian penting dalam kehidupan sehari-hari. Meskipun banyak yang latah dan naif dalam istilah-istilah yang digunakan dalam internet. Namun hal itu tidak menjadi penting (bagi pengguna awam), yang penting bisa ngenet, browsing, FB, Twit, ngegame ataupun berbisnis. Ada baiknya kita mengetahui sedikit demi sedikit istilah yang digunakan internet. Salah satunya WEB BROWSER. Dalam menterjemahkan istilah ini belum ada yang baku namun mengkristal pada pengertian yang sama.




BAB II
PEMBAHASAN



A . Pengertian Browser
Pengertian browsing menurut beberapa sumber adalah :
        *Web Browser atau (Indonesia:Penjelajah web), disebut juga peramban, adalah perangkat lunak yang berfungsi menampilkan dan melakukan interaksi dengan dokumen-dokumen yang disediakan oleh server web. Web sendiri adalah kumpulan jaringan berisi dokumen dan tersambung satu dengan yang lain, yang dikenal sebagai World Wide Web. (wikipedia)
            * Browsing adalah Berselancar untuk menjelajahi informasi yang ada di internet. Berselancar ini bisa dilakukan dengan sebuah program yang disebut browser, software untuk berselancar.
            *Browsing dapat juga diartikan seni pencarian informasi melalui system operasi yang berbasis hypertext, misalnya membaca berita, mencari istilah dll.
            *Browsing adalah menjelajah dunia maya atau internet untuk mencari sesuatu yg bermanfaat membaca berita secara online itu juga salah satu browsing.


B . Manfaat Browser Bagi Penggunanya
Manfaat Browser bagi penggunanya , antara lain sebagai berikut :
§  Browser bermanfaat untuk menambah pengetahuan dan memperluas wawasan
§  Browser untuk belajar online
§  Browser untuk mencari file yang akan kita download
  
C . Sejarah Singkat
 Penjelajah web pertama kali berbasis teks, seperti halnya Lynx yang populer hingga sekarang, karena memang sistem dengan antarmuka grafis belum umum digunakan pada saat itu. Baru setelah sistem berbasis grafis mulai banyak digunakan, seorang mahasiswa bernama Marc Andressen di University of Illinois di Urbana-Champaign, Amerika Serikat, membuat sebuah penjelajah web berbasis grafis pertama yang berjalan di atas sistem operasi Windows dan UNIX (berbasis Motif). Penjelajah web tersebut dinamai Mosaic.
Selanjutnya, setelah lulus dari universitas, Marc ditawari oleh Alief Falahuddin, salah seorang petinggi Silicon Graphics Incorporated (SGI), untuk membuat perusahaan dengan nama Mosaic.
Communication, yang kemudian berubah menjadi Netscape Communication. Marc membuat sebuah penjelajah web populer pertama yang digunakan oleh umum, yang disebut dengan Netscape Navigator. Pada saat pengembangannya, Navigator memiliki nama kode Mozilla. Navigator merupakan penjelajah web komersial, akan tetapi seiring dengan waktu akhirnya Navigator pun menjadi dapat diperoleh secara gratis. Sementara itu, penjelajah web Mosaic yang gratis tidak diteruskan lagi pengembangannya, dan diserahkan kepada NCSA (National Computing for Supercomputer Application). Karena NCSA tidak memiliki izin untuk mengomersialkan produk Mosaic, NCSA akhirnya menjual Mosaic kepada Spyglass, yang akhirnya membuat Mosaic menjadi penjelajah web komersial.
Microsoft, yang terlambat turun di pasar penjelajah web, pun membeli lisensi Mosaic dari Spyglass, sehingga pada akhirnya merilis produk penjelajah web-nya, yang disebut sebagai Internet Explorer. Dengan dirilisnya Internet Explorer, muncullah perang besar antara web browser populer, yakni antara Netscape Navigator, dan Microsoft Internet Explorer.

D . Fungsi Browser
Penjelajah web (http://id.wikipedia.org/wiki/Bahasa_Inggris”>Inggris: web browser), disebut juga peramban, Web Browser dikenal juga dengan istilah browser, atau peselancar, atau internet browser. Adalah suatu program komputer yang menyediakan fasilitas untuk membaca halaman web di suatu komputer. Browser merupakan program yang dirancang untuk menampilkan informasi dari sebuah server komputer pada jaringan internet.
Penjelajah web adalah jenis agen pengguna yang paling sering digunakan. Web sendiri adalah kumpulan jaringan berisi dokumen dan tersambung satu dengan yang lain, yang dikenal sebagai World Wide Web.
            Semua web browser utama memungkinkan pengguna untuk membuka beberapa sumber informasi pada saat yang sama, baik dalam jendela browser yang berbeda atau dalam tab yang berbeda dari jendela yang sama. Mayor browser juga termasuk pop-up blocker untuk mencegah jendela yang tidak diinginkan dari “muncul” tanpa persetujuan pengguna .
Untuk mengakses internet sesudah berlangganan Internet Service Provider(ISP) diperlukan perangkat lunak(software)berupa browser internet .Dua program web browser yang cukup populer saat ini adalah Microsoft Internet Explorer dan Mozilla Firefox dan merupakan produk Microsoft Corporation. Program browser pertama adalah Mosaic, yang merupakan suatu text browser, yang sekarang web browser telah berkembang ke dalam bentuk multimedia.




E. www(world wide web) sebagai sumber informasi
            World wide web atau yang biasanya disingkat dengan nama web merupakan fasilitas internet yang sangat penting . Fasilitas www dapat mengakses bermacam-macam bentuk seperti teks,animasi,grafik,suara,dan video.
            Secara khusus informasi yang didapatkan lewat halaman www dapat berupa informasi dibidang pemerintahan,politik,perguruan tinggi,perusahaan,ekonomi,kesehatan,dan lain-lain.Keunggulan yang dimiliki www adalah kecepatan mengakses dan system hyperlink sehingga mempermudah dalam pemilihan topic . Teks hyperlink memiliki ciri bergaris bawah dan apabila teks hyperlink didekati oleh kursor , maka kursor akan memberikan perubahan tanda , dan tanda panah akan menjadi tanda G (telunjuk).
            Setiap www mempunyai nama depan dan juga memiliki akhiran . Untuk mempermudah pencarian halaman www digunakan akhiran (domain) yang mengikuti nama depan sesuai dengan bidangnya .
Edu atau ac    :  domain untuk bidang Pendidikan
Gov atau Go  :  domain untuk bidang Pemerintahan
Net                   :  domain untuk internet provider
Com                 :  domain untuk bidang bisnis dan komersial
•          URL & Homepage
1)         URL
            Uniform Resource Locator (URL) merupakan alamat website atau situs internet . Letak URL ada pada kotak address (alamat) pada browser. Setiap URL menggunakan nama yang unik dalam setiap penulisannya , secara umum memiliki sintak aturan PROTOKOL://NAMA_INTERNET.DOMAIN. Protokol internet data berupa HTTP,FTP,NEW,atau GOPHER. Untuk lebih memahami mengenai www dan URL ,perhatikan berupa contoh penulisannya dibawah ini:
Contoh:         http//www.google.co.id
            Keterangan :
            http       : nama internet protocol
            www    : fasilitas pada halaman website
            google : nama dari halaman tersebut
            co.id    : nama domain untuk perusahaan


2)         Homepage
            Homepage merupakan halaman muka sebuah tampilan webpage . Homepage memuat isi seluruh bagian dari webpage secara umum tau pada buku dikenal sebagai daftar isi . Dalam Homepage terdapat informasi lengkap mengenai isi dari website yang bersangkutan . Pada homepage setiap ikon terhubung pada bagian tertentu secar Hyperlink sehingga memungkinkan untuk memprcepat proses pencarian pada suatu materi tertentu pada webpage yang bersangkutan .

F . Contoh Browser yang paling sering digunakan
1.    Internet Explorer (IE)
Microsoft menanggapi dengan Internet Explorer pada tahun 1995, juga sangat dipengaruhi oleh Musa, memulai perang browser pertama di industri. Dibundel dengan Windows, Internet Explorer memperoleh dominasi di pasar browser web,. Internet Explorer berbagi penggunaan memuncak di lebih dari 95% pada tahun 2002.Internet Explorer adalah web browser yang gratis dari Microsoft. versi yang terbaru saat ini adalah IE 8.
Kelebihan: Internet Explorer (IE) juga menyediakan fitur add ons, untuk pengguna Windows Live pengguna akan di manjakan dengan tersedianya tab bookmark yang terhubung ke fitur-fitur milik Windows Live.
Kekurangan : Internet Explorer (IE) 
Adakalanya tidak bisa/gagal dalam membaca script yang ada dibeberapa halaman situs (khususnya CSS), Seringkali berat pada saat awal start atau saat pengguna sedang membuka tab baru.
 
fitur yang di sediakan :
– Accelerator
– Search suggestions
– Visual suggestions
– Better Find On Page
– Increased performance
– Smarter Address Bar

2. Opera Browser
            Opera debutnya pada tahun 1996, meskipun belum pernah dicapai digunakan secara luas, memiliki pangsa penggunaan browser kurang dari 2% pada Februari 2012 menurut Net Applications [7] Opera mini versi memiliki pangsa Its aditif, pada bulan April 2011 sebesar 1,1%. dari penggunaan browser secara keseluruhan, tetapi terfokus pada pasar yang tumbuh cepat web ponsel mobile browser, yang terinstal pada lebih dari 40 juta ponsel. Hal ini juga tersedia di beberapa embedded system lain, termasuk konsol video permainan Nintendo Wii.


            Opera browser merupakan web browser yang tersedia dalam berbagai macam platform. Windows, Mac, Solaris, FreeBSD dan Linux.
opera browser juga menyediakan browser untuk perangkat mobile yang disebut juga operamini dan operamobil.
keunggulan opera :
– Menjelajah lebih cepat
– Navigasi lebih mudah
– Fitur yang canggih
– Kustomisasi
– Security
– Dukungan pengembangan
Kelebihan : Opera Browser merupakan aplikasi browser yang cukup ringan, sehingga tidak memakan memori hardisk yang cukup besar pada notebook atau PC. Memiliki email client dan rss sendiri sehingga tidak perlu memakai email client lain seperti Outlook dan sebagainya. Memiliki Opera Turbo yang bisa diaktifkan ketika koneksi sedang lambat sehingga proses loading page bisa lebih cepat. Pemanggilan kembali Cache lebih cepat.
Kekurangan : Opera Browser biasanya sedikit lambat dalam membaca script pada beberapa halaman situs. Sama seperti Firefox, meng-update Operas Browser artinya harus men-download kembali masternya.


3. Firefox
Pada tahun 1998, Netscape diluncurkan apa yang menjadi Mozilla Foundation dalam upaya untuk menghasilkan browser kompetitif dengan menggunakan model perangkat lunak open source. Bahwa browser akhirnya akan berkembang menjadi Firefox, yang mengembangkan berikut terhormat sementara masih dalam tahap beta pembangunan;. Tak lama setelah rilis Firefox 1.0 pada akhir 2004, Firefox (semua versi) menyumbang 7% dari penggunaan browser . Sebagai Agustus 2011, Firefox memiliki pangsa pasar 28%.
            Firefox adalah sebuah browser web yang kecil, cepat, simpel, dan sangat bisa dikembangkan alias open source.
keunggulan dari firefox web browser :
– Pemblokir Pop-up
– (extension) untuk menambah fungsionalitas tambahan
– Kustomisasi Huruf (font) dan warna
  Kelebihan : memiliki banyak fitur tambahan/add ons,add ons ini bisa dibongkar atau pasang sesuai dengan keinginan dan kebutuhan user(https://addons.mozilla.org/en-US/firefox/ ). Add ons itu bisa berasal dari Mozilla itu sendiri atau dari komunitas pengembangnya di seluruh dunia. Mozilla Firefox juga mudah di update dan memiliki security system/keamanan yang sangat baik. Browser juga memiliki kemungkinan konfigurasi yang sangat banyak (jika dibandingkan dengan Internet Explorer).
 Kekuranganterkadang loading Mozilla Firefox cukup memakan waktu saat mulai dari start awal. Terlebih jika banyak adds on yang terinstal. Update pada Firefox juga artinya kita mendownload versi anyar dari Firefox itu sendiri, tidak seperti Internet Explorer yang hanya meng-upgrade modulnya saja. Selain itu, update Firefox juga biasanya menyebabkan beberapa adds on yang terinstal tidak berfungsi
– Kompatibilitas dengan Teknologi Aksesibilitas (Assistive Technologies)
– Tombol Pintas (Shortcut)

4. Google Chrome
            Para peserta utama terbaru ke pasar browser Chrome, pertama kali dirilis pada bulan September 2008. Chrome take-up telah meningkat secara signifikan dari tahun ke tahun, dengan menggandakan pangsa penggunaannya dari 8% menjadi 16% pada bulan Agustus 2011. Peningkatan ini tampaknya sebagian besar berada di mengorbankan Internet Explorer, yang berbagi cenderung menurun dari bulan ke bulan [8] Pada bulan Desember 2011, Chrome menyalip Internet Explorer 8 sebagai browser web yang paling banyak digunakan [mengklarifikasi]. Namun., Ketika semua versi Internet Explorer diletakkan bersama-sama, IE masih yang paling populer.
            Google Chrome adalah sebuah browser buatan google, aplikasi ini gratis dan versi terbarunya adalah chrome 9, anda bisa mendownloadnya di http://google.com/chrome. nama chrome sendiri diberikan untuk memberikan gambaran mengenai frame Graphicals User Interface (GUI) yang memang terlihat lebih dominan pada browser tersebut.
Beberapa Keunggulan Chrome :
– Minimal desain dengan kecanggihan teknologi
– One box for everything (alternatif pencarian pada kotak alamat)
– Kotak alamat juga berfungsi sebagai search engine
– Thumbnails of your top sites
– Crash Control, Incognito Mode, Safe Browsing
            Kelebihan : Chrome saat ini memiliki reputasi yang cukup kuat untuk menyaingi Firefox di dalam dunia web browser. Browser Chrome ini bisa dikatakan sebagai browser yang ringan, gesit, termasuk saat start awal dan melakukan perpindahan tab. Chrome otomatis akan mem-bookmark semua situs yang pernah dibuka atau sering dikunjungi. Browser adrress dari Chrome juga bertindak sebagai search engine sehingga lebih praktis. Desainnya cukup simpel dengan sistem keamanan yang sangat kuat (paling tahan terhadap serangan hacker). Update Chrome juga mudah.
            Kekurangan : Tapi sayangnya Google Chrome yang tersedia saat ini masih dalam versi Beta. Chrome juga terkesan kurang dinamis karena fiturnya tidak banyak. Beberapa ahli juga mengatakan bahwa Chrome masih banyak security hole­-nya sehingga tidak disarankan untuk transaksi keuangan. Makin banyak tab dibuka maka makin banyak pula memori yang dibutuhkan saat browsing.




5. Safari
            Apple Safari telah merilis beta pertama pada Januari 2003;. Pada April 2011, itu memiliki saham dominan dari Apple berbasis web browsing akuntansi, selama lebih dari 7% dari pasar browser seluruh.Safari browser adalah browser buatan Apple inc. yang awalnya hanya digunakan untuk sistem operasi mac OS. Web Browser Safari : tidak tersedianya plug in pada versi windows.
 Kelebihan Web Browser Safari : lebih cepat, memiliki tampilan browser yang simple. 
 Kekurangan
 Web Browser Safari : tidak tersedianya plug in pada versi windows.
*fitur dari safari :
– Dukung HTML5 + CSS3 + Kecepatan 30% lebih kencang
– Nitro Engine (Mengelola Aplikasi web lebih cepat)
– Cover Flow (Tampilan bookmark dan history lebih nyaman)
– Smart Address Field, Smart Search Field.
G. Search engine
            Sebelumnya sudah dijelaskan bahwa untuk mengetahui alamat atau situs internet ada 2 hal yang perlu diperhatikan , yaitu nama depan dan domain . Hal ini tentu akan menyulitkan para pengguna internet karena harus mengingat nama website dan domainnya . Jika melakukan penelusuran halamansatu per satu di Internet akan membutuhkan waktu yang lama . Hal ini tentu saja tidak efektif dan hanya membuang waktu percuma .
            Cara lain yang lebih efektif untuk mencari informasi dengan cepat adalah dengan menggunakan mesin pencari (search engine) . Dengan search engine , mencari website-website yang diinginkan akan menjadi lebih mudah karena tidak perlu lagi mengingat-ingat domain dari sesuatu yang akan dicari . Cukup mengetik topik atau kata kunci yang akan dicari pada search engine . Misalkan ingin mencari informasi tentang browser maka tinggal ketik Browser . Tinggal tunggu beberapa saat maka akan muncul topik yang dicari tentang browser .
            Urutan daftar website-website yang akan muncul adalah berdasarkan dari penting atau tidak, sering atau jarang , topik tersebut diakses atau dapat juga dari kedekatan dengan topic yang dicari .
            Urutan tampilan didalam halaman internet sesuai dengan sering tidaknya web tersebut diakses atau berdasarkan kemiripan terdekat dengan kata kunci yang dituliskan pada search engine . Website yang dicari belum tentu terletak pada bagian paling atas sehingga harus diadakan pencarian berikutnya samapai topik yang dicari benar-benar cocok.
            Penggunaan langsung URL pada internet jelas sangat menyulitkan para browser jika ingin mencari informasi tetapi tidak mengenal alamatnya . oleh karena itulah diperlukan search engine yang memiliki keunggulan pencarian per topic . Jadi,kita hanya perlu mengingat website yang akan kita gunakan sebagai search engine , misalnya Yahoo.com .
            Search engine yang populer digunakan saat ini adalah Google.co.od , Yahoo.com , msn.com,dll.
§  Search Engine Google
            Search engine yang sedang naik daun adalah google.com . Saat ini google sangat populer karena kecepatan aksesnya . Selain dipengaruhi oleh modem , akses yang cepat dipengaruhi oleh keandalan mesin pencari .
            Search engine google tidak menyediakan layanan e-mail gratis seperti halnya Yahoo , dan juga tidak menyediakan fasilitas video . Jadi penggunaan google tidak dapat membuat e-mail dan tidak dapat mengakses video .
            Keunggulan dari mesin pencari google adalah kecepatan alses yang dimiliki adalah Web , Gambar , Grup , dan Directory .
§  Search engine Yahoo
            Yahoo merupakan mesin pencari pertama . Hampir 60% pengguna internet mengakses Yahoo . Disamping merupakan mesin pencari tertua , tampilan homepagenya mudah difahami dan sangat teroganisir . Sebagai situs tertua Yahoo memiliki banyak pelanggan , setiap browsing seseorang cenderung untuk membuka situs ini .
            Search engine ini mempunyai keistimewaan karena kriteria pencarian : Web , Images , Video ,Audio , Directory , Local ,News dan Shopping .Yahoo juga menyediakan fasilitas e-mail gratis kita dapat menirim surat dengan kawan kita diseluruh dunia dengan mudah dan cepat .
§  Search engine MSN.com
            Sebagai produsen software terbesar ini , Microsoft tidak mau ketinggalan dalam bidang internet yang mengeluarkan beberapa produk seperti : ENCARTA dan MSN . Sebagai produk Microsoft yang memiliki ciri friendly ini , msn.com relative mudah digunakan .
            Memang pemakaian search engine MSN>com tidak sebanyak pemakaian Yahoo dan Google.com walaupun pada prinsipnya ketiga website ini tidak ada perbedaan .
            Dalam homepage  ini dapat dicari bebrapa kategori , Yaitu Web , Images , desktop , Encarta , Lokal ,dan Shopping . Jika dibandingkan dengan kedua website yang ada maka pencarian dengan MSN lebih lengkap .
            Ketiga website yang memiliki search engine juga dapat diaktifkan secara bersama-sama , sehingga kita dapat berpindah dari website yang satu ke website yang lain . Cara ini dapat mempercepat proses pencarian , hal ini dapat dilakukan dengan banyak berlatih .



BAB III
Kesimpulan

      Kesimpulan
       Sebuah web browser adalah aplikasi perangkat lunak untuk mengambil, penyajian, dan melintasi sumber informasi di World Wide Web. Sebuah sumber informasi diidentifikasi dengan Uniform Resource Identifier (URI) dan mungkin menjadi halaman web, gambar, video, atau bagian lain dari konten.
       Tujuan utama dari web browser adalah untuk membawa sumber informasi kepada pengguna (“membuka” atau “mengambil”), memungkinkan mereka untuk melihat informasi (“display”, “render”), dan kemudian mengakses informasi lainnya (“navigasi” , “mengikuti link”).


Sumber : http://wahyunita381.wordpress.com/2012/11/12/makalah-browser-internet/

| Free Bussines? |

1 komentar:

  1. kita juga punya nih jurnal mengenai Web Browser silahkan dikunjungi dan dibaca , berikut linknya
    http://repository.gunadarma.ac.id/bitstream/123456789/2371/1/02-02-011.pdf

    BalasHapus