Selasa, 11 Oktober 2011

Hubungan individu, masyarakat dan keluarga

Makna Individu
Makhluk yang tidak dapat dibagi/dipisahkan antara jiwa dan raganya.
Berkembang sejalan dengan ciri khasnya masing-masing.

Makna Keluarga
Keluarga merupakan kelompok primer yang paling penting di dalam masyarakat. Keluarga merupakan sebuah group yang terbentuk dari perhubungan laki-laki dan wanita, perhubungan mana sedikit banyak berlangsung lama untuk menciptakan dan membesarkan anak-anak. Jadi keluarga dalam bentuk yang murni merupakan satu kesatuan sosial ini mempunyai sifat-sifat tertentu yang sama, dimana saja dalam satuan masyarakat manusia.

Makna Masyarakat
Masyarakat merupakan sekumpulan keluarga atau individu yang menempati suatu daerah tertentu. Definisi masyarakat itu sendiri adalah sekelompok orang yang membentuk sebuah sistem semi tertutup (atau semi terbuka), dimana sebagian besar interaksi adalah antara individu-individu yang berada dalam kelompok tersebut.. Istilah masyarakat sendiri berasal dari sebuah kata dalam bahasa Arab yaitu musyarak. Lebih abstraknya, suatu kelompok masyarakat merupakan suatu jaringan hubungan antar entitas satu dengan yang lain. Masyarakat juga merupakan sebuah komunitas interdependen atau saling tergantung satu dengan yang lain

Hubungan Individu, Keluarga, dan Masyarakat

Sebelumnya kita mengetahui Individu adalah seorang manusia yang tidak hanya memiliki peranan khas di dalam lingkungan sosialnya, malainkan juga mempunyai kepribadian serta pola tingkah laku spesifik dirinya. Sedangkan keluarga adalah unit satuan masyarakat yang terkecil yang sekaligus merupakan suatu kelompok kecil dalam masyarakat. Dan masyarakat itu sendiri adalah suatu kelompok manusia yang telah memiliki tatanan kehidupan, norma-norma, adat istiadat yang sama-sama ditaati salam lingkungannya.

Tatanan kehidupan, norma-norma, adat istiadat yang sama-sama ditaati itulah yang menjadi dasar kehidupan sosial dalam lingkungan mereka, sehingga dapat membentuk suatu kelompok manusia. Jadi individu, keluarga dan masyarakat memiliki hubungan yang sangat erat. Dimana keluarga terdiri dari beberapa individu dan masyarakat merupakan kumpulan dari keluarga yang menempati suatu daerah tertentu

Aspek individu, keluarga, masyarakat dan kebudayaan adalah aspek-aspek sosial yang ridak dapat di pisahkan karena keempatnya mempunyai hubungan yang sangat erat.Tidak pernah ada masyarakat, keluarga, dan kebudayaan jika tidak ada individu. Sementara individu membutuhkan keluarga dan masyarakat karena keluarga dan masyarakat adalah media dimana individu dapat berinteraksi dengan individu lainnya dan dapat mengekspresikan aspek-aspek sosial. Sementara itu masyarakat adalah lingkungan sosial yang luas. Melalui masyarakat individu dapat mengaplikasikan apa-apa saja yang telah di pelajari di dalam keluarga.


sumber : http://pointofauthorities.blogspot.com/